Friday, 18 May 2012

Tips Jitu Mengatasi Hati yang Gak Tenang

galau [DuniaQ Dunamu]

Libur panjang selama 4 hari ini, tentunya Anda merasa senang. Namun bagimana jika Anda merasakan libur panjang ini seperti tak ada gairah, merasa sedih, gelisah dan suasana hati tak menentu?

Jika Anda ingin menjalani liburandengan penuh semangat hari ini, caranya mudah. Ada tips sederhana yang bisa Anda lakukan agar suasana hati lebih bahagia, seperti dikutip laman Ivillage, berikut ini.
Berikan kulit sentuhan lembut
Saat suasana hati merasa tak tenang, coba beri sentuhan lembut untuk kulit Anda. Sesuatu sederhana seperti boneka binatang berbulu lembut, syal halus, atau bahkan menikmati semilir angin yang lembut bisa berdampak langsung pada tingkat kebahagiaan dan kepuasan. Ini merupakan hasil penelitian yang telah diuji coba di Yale University. Dalam percobaannya para peneliti menyelidiki kaitan antara sentuhan lembut dengan tekanan pada saraf sensitif kulit, yang pada akhirnya meningkatkan produksi hormon oksitosin yang membantu meningkatkan suasana hati.
Bersantai sambil menikmati sari apel
Meneguk segelas sari apel panas bisa mengurangi kegelisahan, ketegangan dan kecemasan hingga 76 persen pada wanita dalam waktu lima menit. Ini adalah saran dari ahli saraf Alan Hirsch, MD, penulis buku 'Life’s A Smelling Success'. Mencoba mencium aroma manis dari sari apel, katanya mampu merangsang kelompok saraf di otak yang dapat menenangkan dan membuat rileks seluruh sistem saraf pusat.
Namun, jika Anda bukna penggemar sari apel, Anda bisa menyalakan lilin beraroma apel. Cara ini juga bisa membantu membangkitkan suasana hati.
Berkhayal sesuatu yang menyenangkan
Dalam sebuah penelitian di Inggris, wanita, mampu secara signifikan meningkatkan suasana hati mereka dalam delapan minggu hanya dengan menghabiskan beberapa menit setiap hari membayangkan sesuatu yang indah. Ini adalah salah satu cara cerdas menangani frustasi dalam hidup. Melamun atau berkhayal tentang diri Anda, bisa membuat perasaan lebih tenang dan percaya diri mengatasi hari-hari stres. Cara ini diakui para peneliti mampu merangsang pelepasan dopamin, yakni hormon pembawa kesenangan.
Bersih- bersih
Sebuah penelitian di Harvard menunjukkan bahwa, menghabiskan waktu 20 menit memilah dan merapikan sudut rumah atau kantor yang berantakan mampu meningkatkan produksi adrenalin dan membangkitkan suasana hati serta mengusir hormon stres sebesar 45 persen, membantu orang merasa lebih tenang dan lebih santai sampai tiga jam sesudahnya.
Jika Anda merasa hati tak tenang saat ini, coba mulai lakukan kegitan bersih-bersih di rumah, atur ulang isi lemari Anda atau coba bersihkan meja dan laci dari sampah.
Makan buah
Wanita yang mengonsumsi dua cangkir buah setiap hari diyakini akan menjadi sosok lebih optimis dibandingkan dengan wanita yang tidak makan buah samasekali. Ini merupakan penelitian dari UCLA.
"Buah mengandung karbohidrat kompleks yang meningkatkan produksi otak Anda dari hormon serotonin antidepresan sebanyak 50 persen," jelas peneliti nutrisi Pamela Peeke, MD, juga penulis buku  'Body for Life for Women'. "Dan lebih banyak serotonin yang diproduksi, suasana hati Anda akan lebih ceria".
Untuk hasil terbaik, coba makan satu cangkir buah saat sarapan dan satu cangkir lagi saat makan siang. "Meskipun tak ada yang yakin, namun  karbohidrat yang dimakan di paruh pertama hari terbukti memberikan dorongan suasana hati tahan lama lebih banyak dibandingkan karbohidrat dimakan di kemudian hari atau di malam hari," kata Dr Peeke.
 
Rating: 4.5
                                                                                                    Sumber

No comments:

Post a Comment