Thursday, 24 May 2012

Tips Jitu Mengetahui Alergi dan Penyebabnya

Di saat orang lain baik-baik saja, mendadak Anda bersin-bersin tak terkendali di suatu tempat. Atau kulit Anda menjadi gatal-gatal dan memerah ketika sedang bertandang ke rumah teman, dan banyak lagi kejadian aneh lainnya yang Anda alami tanpa gejala-gejala sakit lebih dahulu. Ini bisa karena Anda alergi.

Alergi yang paling umum adalah alergi dingin, alergijamur, alergi debu, alergi makanan laut dan alergi hewan peliharaan. Untuk makanan laut dan dingin, tentu Anda sudah tahu apa yang harus dihindari. Namun ketiga alergi lainnya ini lebih sulit untuk dihindari, karena Anda tidak selalu tahu apa pemicunya. 

Berikut ini tips untuk menghindari alergi ini.

Alergi jamur

Biasanya terjadi saat Anda berada di tempat-tempat yang lembab seperti rumah tua, lemari yang lama tidak dibuka, kamar yang tidak baik sirkulasi udaranya, dan ketika kontak dengan barang-barang yang berjamur. Cara menghindari: gunakan fan exhaust untuk mengurangi kelembaban udara dalam ruangan; jangan menyimpan barang/baju dalam keadaan basah; cuci sprei dan keset secara rutin; jangan memasukkan barang-barang lama yang sudah berjamur.

Alergi debu

Mudah saja mengetahuinya, Anda gatal-gatal pada mata, hidung, tenggorokan dan kadang juga kulit saat berada di tempat yang berdebu. Cara menghindari: kurangi pemakaian karpet, kelambu dan ornamen kain atau bulu lain yang bisa jadi sarang debu; simpan semua barang di dalam lemari untuk menghindari debu; bersihkan boneka, sprei, korden, karpet dan ornamen dekorasi lainnya secara rutin; jangan memelihara hewan di dalam rumah, apalagi di dalam kamar; bersihkan lantai secara rutin.

Alergi hewan peliharaan

Selain karena bulunya, alergi hewan peliharaan juga disebabkan oleh protein yang dihasilkan kelenjar kulit mereka dan yang berasal dari liurnya. Cara menghindari: mandikan hewan peliharaan setiap minggu; gunakan room air purifier untuk menyaring udara yang kotor; jangan memelihara hewan di dalam rumah; Selalu cuci muka, cuci tangan hingga lengan setiap kali selesai kontak dengan hewan peliharaan Anda.
Rating: 4.5


No comments:

Post a Comment