Sunday, 17 June 2012

4 Tips Jitu Agar Rambut Panjang Tetap Sehat

DuniaQ Duniamu

Bosan dengan potongan rambut yang selalu pendek? Saatnya memanjangkan rambut. Tapi pastikan Anda memanjangkan rambut yang sehat.

Jangan sampai, saat rambut sudah panjang malah menjadi rontok, bercabang dan kusam. Lakukan saja empat langkah ini jika Anda memanjangkan rambut. Tentunya agar rambut tumbuh dengan sehat dan terlihat bersinar.
1. Trim teratur
Anda harus melakukan trim atau memotong ujung-ujung rambut tiap enam atau delapan minggu. Cukup dipotong 0,5 hingga 1 cm, ini untuk menghilangkan bagian ujung rambut yang rapuh dan bercabang. 
"Kutikula yang rusak, rambut yang bercabang akan membuat rambut terlihat tipis dan kusam. Jangan biarkan hal ini terjadi saat rambut memanjang. Lagipula, rambut yang sehat akan lebih cepat tumbuh dibandingkan rambut rusak," kata Fernando Salas, dari White Sands Hair Care, dikutip dari Dailymakeover.
2. Bilas dengan air dingin
"Aku selalu merekomendasikan tiap klien untuk membersihkan rambut dengan air biasa dan untuk bilasan terakhir selalu gunakan air dingin," kata Bucco-Regazzi, seorang penata rambut.
Membilas rambut dengan air dingin akan membantu menutup lapisan kutikula. Cara ini akan membuat rambut lebih bersinar. Jangan pernah membilas rambut dengan air panas karena bisa membuat batang rambut menjadi lemah dan mudah patah.
3. Deep conditioning
Bucco-Regazzi juga merekomendasikan untuk melakukan perawatan deep conditioning dua kali dalam satu minggu. Anda bisa ke salon atau melakukannya sendiri di rumah. Caranya, setelah keramas, jika biasanya Anda mengaplikasikan conditioner dan mendiamkannya hanya sekitar 5 hingga 10 menit, kini diamkan hingga 30 menit.
Aplikasikan conditioner dari bagian tengah hingga ujung rambut dengan merata. Lalu, tutup rambut dengan shower cap atau handuk. Setelah 30 menit, baru bilas dengan air hingga benar-benar bersih.
4. Konsumsi makanan sehat
Kesehatan dan keindahan rambut bukan hanya bergantu dari perawatan, tapi juga makanan yang dikonsumsi. Karena itu, konsumsilah makanan kaya zat besi dan protein agar rambut tumbuh sehat.
Ada juga beberapa produk suplemen yang formulanya dibuat khusus untuk merangsang pertumbuhan lebih cepat. Sebelum mengonsumsinya, pastikan dulu bahannya aman bagi tubuh Anda.
Rating: 4.5

No comments:

Post a Comment