Tuesday, 12 June 2012

Arkeolog China Kembali Temukan 110 PRAJURIT TERAKOTA

 
JAKARTA: Para arkeolog China telah menemukan 110 patung prajurit Terakota baru yang terkubur selama berabad-abad, di dekat makam Kaisar Qin di Kota Xian, China utara.
Selain patung-patung prajurit seukuran manusia, para arkaelog menemukan 12 kuda tembikar, beberapa bagian kereta, senjata-senjata dan peralatan sehari-hari.
“Penggalian di situs seluas 200 meter persegi itu telah menemukan total 110 patung Terakota,” ujar Shen Maosheng, Wakil Kepala Departemen Arkeologi Museum Prajurit dan Kuda Terakota Qin Shihuang, Senin (11/6).
Keberadaan patung-patung prajurit Terakota – tembikar yang tak dilapisi glasir- dikenal sebagai bagian dari penjaga terkenal makam kaisar pertama China.
“Penemuan paling signifikan kali ini adalah, peninggalan-peninggalan tersebut ditemukan dalam kondisi yang sangat bagus dan dicat berwarna-warni,” ujar Shen.
Ditambahkannya, para arkeolog juga telah menemukan lokasi lain tempat 11 prajurit Terakota tertimbun, namun belum melakukan penggalian. Shen mengatakan, para ahli cukup terkejut saat melihat warna-warna pada penemuan di Xian ini tetap terlihat seolah diawetkan.
Penemuan di Xian itu juga termasuk perisai yang disebut telah digunakan para tentara dari Dinasti Qin (221-206 SM), dengan ciri khas warna merah, pola geometris hijau dan putih.
Kaisar Qin dipandang sebagai kaisar pertama China atas upayanya menyatukan China pada 221 SM. Kali pertama tentara-tentara Terakota ditemukan pada 1974 oleh seorang petani dan kini merupakan salah satu penemuan arkeologi terbesar dunia modern sekaligus terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia pada 1987.
Laporan penemuan terbaru di Xian muncul setelah sebuah survei selama lima tahun menyebutkan hasil mengejutkan, panjang Tembok Besar China ternyata lebih dari dua kali lipat dari perkiraan semula.
Penemuan baru yang dirilis pekan lalu menyebutkan panjang Tembok Besar China adalah 21.196 km, sedangkan pada 2009 disebut panjangnya “hanya” 8.851 km. Pemerintah Beijing, Sabtu(9/6), menegaskan kembali rencana membuka dua bagian baru dari Tembok Besar China untuk memenuhi meningkatnya permintaan wisatawan. (Jibi/ad)




Rating: 4.5



No comments:

Post a Comment