Monday, 4 June 2012

Ingin Jadi Ibu yang sukses Ini Rahasianya

 
Menjadi seorang ibu adalah dambaan semua wanita. Namun, untuk menjadi seorang ibu yang baik belum tentu dirasakan oleh semua wanita. Meskipun tidak ada aturan tertulis tentang ukuran kesuksesan ibu dalam membesarkan buah hati, tapi rahasia berikut dapat membantu Anda menemukan kunci kesuksesan seorang ibu.
Seperti dikutip dari She Knows, terdapat beberapa saran yang didapat langsung dari para ahli yang bisa Anda terapkan.
1. Meminta Bantuan
“Buatlah daftar orang-orang yang dapat membantu Anda. Hanya karena Anda seorang ibu bukan berarti juga sebagai seorang wanita super. Ketika anak saya baru lahir, saya menghubungi kakak perempuank saya sambil menangis. Mendengar kesulitan yang dialami, ia kemudian datang jauh-jauh dari Alaska untuk membuat membuat jadwal. Jadi akan lebih baik jika seorang ibu tidak malu untuk meminta pertolongan yang memang benar-benar dibutuhkan.” Ujar Trisha Idoni, ibu dari Mallory yang berumur 8 tahun, di Pensacola, Florida.
2. Membantu Pekerjaan Rumah Anak
Menurut Karen Schiff Freeman, seorang ibu berumur 37 tahun yang sudah memiliki tiga anak, di Solon, Ohio, “Sepulang anak-anak dari sekolah, mereka mengerjakan pekerjaan rumah masing-masing di meja yang berbeda di dapur sehingga tugas mereka tidak tercampur. Dengan begitu saya tetap dapat mengerjakan pekerjaanku di dekat mereka jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan pertolongan, tapi jangan menunggui mereka mengerjakannya. Kami selalu melakukan ini, sehingga anak-anak tahu apa yang harus mereka lakukan setiap hari.”
3. Atasi Mimpi Buruknya
“Ketika anak Anda mengalami mimpi buruk, cara mengusir ketakutan mereka yaitu dengan berbaring di kasur dengan anak Anda dan tanyakan tentang mimpinya, ceritakan padanya hal-hal yang menyenangkan seperti membacakannya buku cerita yang lucu. Cara ini cukup ampuh dan dapat membantu si kecil bisa tidur sepanjang malam.” ungkap Lisa Keddy, ibu dari satu anak, di Ocean, New Jersey.
4. Utarakan Perasaan, Baik dan Buruk
“Ketika anak saya sedang rewel, saya akan menariknya ke pangkuan dan berkata, ‘sekarang saatnya mengeluh, jadi mari kita mengeluh bersama. Setelah beberapa saat, ia sudah merasa tenang dan siap untuk melanjutkan aktifitasnya kembali. Selain itu, ia juga akan belajar tentang bagaimana mengutarakan perasaannya.” papar Nancy Feingold, seorang ibu berumur 57 tahun di Newton, Massachussets.
5. Hilangkan Rasa Takutnya
“Jika anak Anda merasa terjatuh dan merasa kesakitan, gunakan kain lap berwarna gelap untuk membersihkan luka atau goresannya. Lebih baik lagi jika menyimpan kain lap tersebut di dalam sebuah kantung plastik di freezer. Rasa dingin tersebut akan membantu meredakan rasa sakitnya.” tutur Betty Miliano, ibu dari dua anak di Belfast, Maine.
6. Prioritaskan Makan Malam Keluarga
Menurut Pamesa Robinson – Joseph, seorang ibu berusia 27 tahun di Chicago, Illinois, “Saya memiliki masalah dengan anak pertama yang suka memberontak, jadi saya mulai membuat peraturan bahwa waktu makan malam tidak boleh ada TV, telepon, dan tamu. Waktu tersebut hanya dipergunakan unutk kami sekeluarga saja. Berbagi waktu malam bersama berhasil memperbaiki sikap anak saya.”

7. Mudah tertidur

“Letakkan box bayi di ruang keluarga pada siang hari, terutama jika Anda memiliki anak lainnya. Dengan begitu si kecil akan terbiasa dengan kebisingan, dan akan lebih mudah untuk tertidur dimana saja,” ujar Wendy Marner, seorang ibu berumur 42 tahun di Cedar Rapids, Iowa.

8. Ajarkan Nilai-Nilai Pertemanan

Seorang ibu yang berasal dari Ivor, Virginia mengatakan, “Anak perempuan saya senang berteman. Ketika ia terlihat tidak bahagia karena ada seorang teman yang tidak menyukainya, saya akan bertanya siapa gadis itu yang memperlakukannya dengan buruk. Saya juga membuatnya merasa nyaman dan lebih memperhatikan tanggung jawabnya sebagai seorang teman yang baik baik. Karena hal tersebut lebih berharga ketimbang menjadi popular,” papar April Wade.
sumber:wolipop
Rating: 4.5

No comments:

Post a Comment