Thursday, 7 June 2012

Mantaf Perusahaan Amerika Bangun rumah di Mars

Desas-desus kalau Bumi akan sampai pada kesudahannya membuat para peneliti terus menggencarkan penelitiannya pada planet lain. Apakah memang ada planet lain selain Bumi yang layak untuk dihuni?

 Kabar bahwa para ilmuwan antariksa mengatakan planet Mars memiliki komposisi yang sama dengan Bumi kita ini membuat mereka berpikir bahwa sebenarnya Mars juga bisa ditinggali oleh makhluk hidup.

 Mars memang memiliki kandungan air yang banyak, juga memiliki atmosfer yang lebih tipis dari atmosfir Bumi. Namun, suhu permukaan planet Mars yang begitu tinggi yaitu sekitar 60 derajat Celcius masih menjadi pertanyaan bagi para ahli astronomi Australia dan Amerika.

 Walaupun begitu ada sebuah perusahaan yang menamakan diri mereka Mars One berencana untuk menempati planet Merah tersebut di tahun 2023.

 Mars One ini sudah merencanakan untuk mulai mengirimkan alat pengintai sekaligus pengebor untuk didaratkan di permukaan planet Mars yang kemudian akan dipakai untuk mencari posisi yang tepat untuk membangun sebuah tempat peristirahatan bagi kru mereka yang akan dikirim pada tahun 2022.

 Kru yang akan dikirim ke planet Mars pada tahun 2022 itu sudah harus memulai kehidupan mereka di sana untuk seumur hidup. Selanjutnya, setiap 2 tahun sekali, akan dikirimkan kru pada gelombang kedua yang akan bergabung dengan mereka dan mulai tinggal bersama-sama sampai akhirnya membentuk sebuah tetangga/ kelompok kecil masyarakat.

 Pengerjaan proyek besar seperti ini bukanlah perkara mudah walau sekarang dunia astronomi bukan lagi hal yang asing. Namun, biaya yang diperlukan untuk pembangunan di luar angkasa sangatlah tinggi dan beresiko.

Wakil pendiri Mars One, Bas Lansdorp, mengatakan bahwa mereka akan mencari dana melalui pengiklanan secara besar-besaran proyek ini dengan menampilkan setiap perkembangan dari pembangunan ini melalui media. Dengan demikian semua penduduk Bumi akan tahu perkembangan proyek tempat tinggal baru di planet keempat dalam tata surya ini. Dengan harapan melalui iklan besar-besaran di media akan menarik perhatian investor yang akan mendukung ide proyek pembangunan luar biasa ini.

 Rupanya, Mars One bersungguh-sungguh terhadap rencana proyek pembangunan rumah tinggal di planet Mars ini sebab seperti yang diinformasikan pada website Mars One, mulai tahun depan (2013), mereka akan memulai proses pemilihan astronot yang akan dikirim ke Mars.

 Para astronot yang sudah terpilih nantinya harus menjalani proses persiapan diri selama 10 tahun. Bagi Anda yang tertarik dengan dunia astronomi dan antariksa, mungkin ingin coba bergabung dalam seleksi astronot tersebut. Tapi jika Anda benar-benar berniat untuk ditempatkan di planet Mars selamanya karena ini merupakan perjalanan sekali jalan ke Mars (pergi tanpa pulang kembali ke Bumi). Bagaimana?

Yahoo News
Rating: 4.5



No comments:

Post a Comment