Tuesday, 5 June 2012

Perlu Tau !! Akibat Overdosis Paracetamol

 
paracetamolJUTAAN orang beresiko mengalami overdosis paracetamol, salah satu obat penghilang rasa sakit yang paling banyak digunakan. Demikian menurut para ahli medis.

Tim peneliti medis dari Northwestern University Chicago menyebutkan, terlalu banyak mengonsumsi paracetamol dapat memicu kerusakan pada liver, serta timbulnya efek negatif pada bagian tubuh lain.
Seperti diberitakan Daily Mail, Kamis (31/5), para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari dua butir paracetamol dalam jangka waktu empat jam atau maksimal delapan butir tablet paracetamol 500mg per harinya. Jika tidak, pasien akan mengalami overdosis kandungan acetaminophen yang menyebabkan gangguan pada liver yang menyebabkan pembentukan cairan dalam otak.
Tim peneliti dari Northwestern University Chicago yang dipimpin Dr Michael Wolf menguji kesadaran masyarakat akan adanya batasan dalam mengonsumsi paracetamol. Mereka mengadakan survey terhadap 500 pasien dewasa di empat kawasan AS selama periode September 2009 hingga Maret 2011.
Lebih dari setengahnya mengonsumsi tablet paracetamol yang mengandung acetaminophen dan 19 persennya tercatat mengonsumsi dalam jumlah besar. Kategori yang terakhir ini mengaku meminum paracetamol setiap hari atau sekurang-kurangnya dua kali dalam seminggu, selama enam bulan terakhir.
Para peneliti menemukan, banyaknya pasien yang mengonsumsi paracetamol melebihi dosis disebabkan karena mereka mengabaikan aturan yang tertera dalam kemasan obat. Selain itu, tak sedikit pula yang mengonsumsi lebih dari seharusnya karena lupa, sudah berapa butir paracetamol yang mereka minum hari ini. Untuk kasus yang terakhir ini lazim dialami para pasien lansia.
“Temuan kami menunjukkan banyak pasien yang tidak menyadari adanya bahan aktif dalam paracetamol yang dapat membahayakan jika dikonsumsi berlebihan,” tandas Wolf.
(rere/gur)
Rating: 4.5

No comments:

Post a Comment