Tuesday, 26 June 2012

Portugal Tak Gentar Lawan Spanyol

 "Portugal Tidak Takut pada Spanyol"
Portugal mungkin mengawali turnamen dengan kekalahan dari Jerman, tapi terdorong oleh Cristiano Ronaldo yang penuh inspirasi, kini Portugal melaju menuju semifinal Piala Eropa 2012.


Saat Portugal sampai di markas latihan Polandia tiga minggu lalu, ekspektasi pada tim mereka relatif rendah.


Kalah di tiga laga 2012, hanya mencetak satu gol, mereka menghadapi rekan-rekan tangguh di grup neraka: Jerman, Belanda, dan Denmark, seperti dikutip dari laman UEFA


Kini tim besutan Paulo Bento dinilai bisa bermain lebih baik dari penampilan mereka di tanah air pada Piala Eropa 2004 saat mereka hanya meraih juara dua.


Taktik: Pilihan starting XI Bento sudah stabil. Selama empat laga pemainnya tidak berubah. Formasinya tetap 4-3-3 dengan striker utama, kemungkinan besar Hugo Almeida, yang akan disokong Nani dan Cristiano Ronaldo.


"Kami tidak akan mengganti siapapun," kata Bento minggu lalu, seperti dilansir dari laman UEFA.


Pemain kunci: Ronaldo telah mengibarkan reputasi sebagai pemain tingkat tinggi di turnamen ini. Dia menjebol gawang Belanda dua kali dan membuat tembakan penentu di perempat final melawan Ceko.


"Dia adalah pemain yang komplet," kata rekan satu timnya Joao Mouthinho. "Sulit mencari titik lemahnya. Dia bisa memanfaatkan kemampuannya lewat kepala dan kaki. Dia juga sangat gesit,".


Kerjasama Ronaldo di sayap kiri bersama koleganya di Real Madrid, Fabio Coentrao, telah menjadi senjata utama Portugal.


Yang harus ditingkatkan dari Portugal: Ronaldo dkk terbilang lamban di awal permainan. Sisi menyerang Portugal lebih condong proaktif daripada reaktif, Bento tentu akan berusaha agar tidak dijegal Spanyol lebih dulu.


Dukungan dari tanah air: Optimisme meluap-luap untuk mendukung sang tim. Koran Portugal menulis, "Portugal tidak takut pada Spanyol," sementara media lain berfokus pada pengaruh kapten Ronaldo yang semakin besar. Mereka menulis: "Lebih baik daripada (Lionel) Messi dan pemain lain".


Pernyataan misi: "Kami menghargai mereka, tapi kami juga menghargai diri sendiri, kami punya skuad dan pemain yang cemerlang, serta percaya diri dengan gaya bermain kami," kata Joao Pereira yang tidak gentar menghadapi sang juara bertahan.
Rating: 4.5

No comments:

Post a Comment