Friday, 1 June 2012

Tabrak Maut Galaksi Andromeda dan Bima Sakti


detail berita
Ilustrasi (foto: ABC News)
WASHINGTON - Ahli astronomi NASA memprediksi kemungkinan terjadinya tabrakan antara galaksi Andromeda dan Bima Sakti. Hal ini diperkirakan terjadi sekira 4 miliar tahun mendatang.

Diwartakan NASA, Sabtu (2/6/2012), pada saat tabrakan tersebut terjadi, Galaksi Bima Sakti akan benar-benar berubah. Matahari diperkirakan akan terlempar  ke wilayah baru di galaksi ini, namun Bumi serta sistem tata surya tidak terancam hancur.

"Penemuan kami secara statistik konsisten dengan tabrakan antara galaksi Andromeda dan galaksi Bima Sakti tempat kita," ujar Roeland ven der Marel dari Space Telescope Science Institute (STScI) di Baltimore.

Para ahli astronomi menemukan kemungkinan ini melalui pengukuran gerak galaksi Andromeda menggunakan teleskop luar angkasa Hubble. Saat ini, galaksi tersebut berjarak 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi, tapi tak terelakkan lagi bergerak menuju ke arah galaksi Bima Sakti.

Pergerakan Andromeda tersebut terjadi akibat tarik menarik antara gravitasi kedua galaksi. Selain itu, dark matter tak kasat mata yang berada di sekitar kedua galaksi tersebut juga berperan membuat jarak antara keduanya makin dekat.

"Setelah hampir satu abad berspekulasi mengenai takdir Andromeda dan Bima Sakti, setidaknya kami memiliki gambaran jelas tentang kemungkinan yang akan terjadi miliaran tahun mendatang," tambah Sangmo Tony Sohn dari STScI. (yhw)
Rating: 4.5

No comments:

Post a Comment