Friday, 6 July 2012

Mama Minta Pulsa [2012]

 
Movie 8 kembali dengan proyek horor ketiga mereka usai NENEK GAYUNG dan KAKEK CANGKUL. Bekerja sama dengan Rapi Film, kali ini anak perusahaan Maxima Pictures tersebut membuat horor komedi based on true event bertajuk MAMA MINTA PULSA.

Bersetting di sebuah camp bernama Garuda, sekelompok satpam dikumpulkan selama beberapa hari untuk mendapat pelatihan agar bisa menjadi satpam yang lebih worth it. Anehnya, ketika berada camp, satu demi satu peserta pelatihan, baik pria maupun wanita, malah mendapat teror dari Mak Lampir.

Mengernyitkan dahi membaca sekelumit sinopsis di atas? Apa hubungannya fenomena SMS dari Mama dengan Mak Lampir yang lebih dulu eksis lewat serial laga MISTERI GUNUNG MERAPI?
Sebaiknya jangan terlalu banyak berharap jika kalian menganggap MAMA MINTA PULSA hanya sebagai hiburan. Tapi jika ingin dikupas lebih, film ketiga Nuri Dahlia ini merupakan pengulangan dari komedi horor yang sudah banyak dirilis sebelumnya. Bahkan, penyatuan sosok Mak Lampir yang ingin telepon anaknya dengan fenomena SMS begitu memaksakan dan dangkal.

Dari segi teknis sepertinya tak ada yang perlu dikomentari. Namun ketika berbicara mengenai cerita, MAMA MINTA PULSA terbilang menghabiskan durasi hanya untuk dialog mubazir yang niatnya, mungkin, ingin memberi pancingan tawa, namun kenyataan berkata sebaliknya. Komedi yang disajikan terbilang kering dan repetitif seperti film-film horor sebelumnya.

MAMA MINTA PULSA hanya menjual fenomena yang marak terjadi di Indonesia dengan pengembangan seenaknya. Padahal, jika dibuat lebih serius, film ini akan memiliki nilai jual tersendiri dibanding menyajikan horor komedi yang mengekspos kemolekan para pemain, dalam kasus ini, Nikita Mirzani.

Hal serupa juga terjadi pada sosok Mak Lampir. Miris, dalam film Farida Pasha terlihat hanya membuang keangkeran yang sudah melekat pada sosok Mak Lampir. Karena di sini sosok tersebut dihadirkan hanya sebagai template agar kegilaan Nuri Dahlia dalam zooming out and in dada para artis agar bisa terlihat begitu indah di layar.

Sama seperti NENEK GAYUNG dan KAKEK CANGKUL, pada filmnya nanti kita akan diberi sebuah clue yang merujuk pada judul PAPA MINTA PULSA. Apakah bulan depan filmnya akan rilis?

2/10

No comments:

Post a Comment